Translate

Senin, 23 Desember 2019

MERUBAH ENERGI GERAK MENJADI ENERGI LISTRIK

Dasar-dasar merubah energi gerak menjadi energi listrik adalah induksi elektro magnetik.dengan induksi elektro magnetik kita bisa membuat pembangkit listrik dengan tenaga air,uap,angin,diesel,dan masih banyak lagi.

    Induksi elektro magnetik adalah gejala timbulnya gaya gerak listrik di dalam suatu kumparan/konduktor bila terdapat perubahan fluks magnetik pada konduktor tersebut atau bila konduktor bergerak relatif melintasi medan magnetik.

     Sejarah di temukannya induksi elektro magnetik berawal dari percoba'an oersted;"hubungan antara kemagnetan & kelistrikan di jelaskan bahwa arus listrik menimbulkan medan magnet di sekitarnya".bagaimanakah bila hubungan tersebut di balik,apakah medan magnet dapat menimbulkan arus listrik? setelah penemuan oersted,banyak ahli fisika menyelidiki hubungan ke dua hal tersebut.pada tahun 1831,michael faraday menemukan hubungan kelistrikan dengan kemagnetan setelah melakukan percoba'an.gejala timbulnya arus listrik yang disebabkan oleh perubahan medan magnet pada suatu penghantar yang mana demikian ini di sebut induksi elektro magnetik.

     Untuk melakukan percoba'an sediakan kumparan,magnet batangan,& galvano meter/alat pengukur arus liatrik lain nya.pertama-tama hubungkan kedua ujung kumparan pada kedua ujung galvano meter/alat ukur arus listrik,lalu gerakkanlah magnet batangan di dalam kumparan maka jarum pada galvano meter/alat ukur arus listrik akan bergerak,yang mana demikian ini menunjukkan timbul nya arus listrik pada kumparan disebabkan di gerakkannya magnet batangan di dalam kumparan.untuk lebih jelasnya,lihat gambar di bawah:

Tidak ada komentar: