Translate

Selasa, 12 Februari 2019

BAGIAN-BAGIAN PEMANCAR RADIO






1. Bagian Input

Bagian input di sini bisa berupa bagian yang bisa merubah getaran mekanik menjadi sinyal listrik berfrekwensi audio seperti microphone,bisa juga berupa sinyal listrik audio yang berasal dari kaset atau flashdish.

2.Bagian Penguat AF(Audio Frekwensi)

sinyal listrik audio yang berasal dari microphone masih sangat lemah,seandainya output dari microphone di beri loud speaker maka masih belum mampu untuk menggerakkan memberan yang berada pada loud speaker.maka dari itu perlu diberi penguat AF yang berfungsi sebagai penguat amplitudo/daya listrik yang berasal dari sumber audio seperti microphone.

3.Bagian Modullator

frekwensi sinyal AF maasih terlalu rendah jadi tidak bisa di transmisikan ke tempat yang jauh.maka dari itu sinyal AF perlu di tumpangkan pada sinyal informasi dengan frekuensi tinggi (sebagai sinyal pembawa) yang dihasilkan oleh bagian Oscillator.

Pengolahan tersebut akan menghasilkan sinyal modulasi berupa gelombang radio atau gelombang elektromagnetik (gelombang RF).

System Modulasi Pemancar ada 2 macam yaitu:

A. System AM ( Amplitudo Modulasi)

= suatu system yang menghasilkan gelombang radio dengan amplitudonya berubah-ubah sedangkan frekuensinya tetap.



B. System FM ( ( Frekuensi Modulasi)= suatu system yang menghasilkan gelombang radio yang amplitudonya tetap sedangkan frekuensinya berubah-ubah.



4. Bagian Oscilator

Yaitu bagian yang berfungsi sebagai pembangkit getaran listrik Frekuensi tinggi. Frekwensi tinggi itu adalah frekuensi yang jumlah getar ranya di atas 20.000 Hz (20 K.Hz) sedangkan kecepatannya sama dengan kecepatan cahaya yaitu 300 000 000 m/detik  (300 000 Km/detik).

5.Bagian Bufer

Yaitu bagian yang berfungsi untuk menguatkan frekuensi yang dihasilkan oleh oscillator dan selanjutnya diteruskan ke bagian modullator.

6, Bagian Penguat RF

Yaitu bagian untuk menguatkan sinyal modulasi/gelombang radio yang selanjutnya diteruskan ke bagian antena untuk dipancarkan ke segala penjuru.


Tidak ada komentar: