Translate

Minggu, 03 Februari 2019

MIKROFON / MICROPHONE


*MIKROFON- (bahasa Inggris: microphone) adalah suatu jenis transduser yang mengubah energi-energi akustik (gelombang suara) menjadi sinyal listrik. Mikrofon merupakan salah satu alat untuk membantu komunikasi manusia. Mikrofon dipakai pada banyak alat seperti telepon, alat perekam, alat bantu dengar, dan pengudaraan radio serta televisi.


*JENIS-JENIS MICROFON:
.

1. Mikrofon Kondensor (Condensor Microphone)

Mikrofon jenis ini bekerja dengan menggunakan prinsip kapasitor keping sejajar.

Oleh sebab itu condenser microphone juga disebut sebagai mikrofon kapasitor.

Jenis mikrofon ini tersusun atas dua buah diafragma yang terbuat dari logam yang berdekatan dengan jarak yang sangat dekat.

Satu buah logam dibuat statis dan yang lainnya akan bergetar ketika terdapat gelombang suara yang mengenainya.

jenis jenis mikrofon

Getaran diafragma atau membran akan mengubah jarak antara kedua keping diafragma tersebut.

Sehingga terjadilah perubahan kapasitansi yang berakibat pada perubahan sinyal listrik yang dihasilkan.



Umumnya, mikrofon jenis kondensor ini memiliki ukuran yang cukup kecil, sensitifitas yang tinggi serta bersifat cardioid pada frekuensi tinggi.
Mikrofon jenis kondensor banyak digunakan pada prangkat – perangkat digital karena sensitifitasnya yang tinggi.

Contohnya seperti pada Handphone, Alat Bantu Dengar, Recorder (Alat Perekam) dan juga jenis tertentu digunakan dalam industri musik untuk menghasilkan suara yang jernih dan halus.

2. Dinamic Microhone (Mikrofon kumparan bergerak)
Berbeda dengan jenis mikrofon kondensor.

Dinamic Microphone mengadopsi sistem GGL induksi sebuah kumparan yang digerakkan dalam sebuah medan magnet.

Mikrofon ini tersusun dari sebuah kumparan yang digulung pada material isolator yang kemudian diletakan (direkatkan) ada diafragma.

Kemudian gulungan tersebut dipasangkan pada sebuah celah magnet permanen yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah bergerak.

Gelombang suara yang datang akan membuat membran bergetar dan terjadilah gerakkan maju mundur kumparan di dalam medan magnet.

Dari sini kemudian munculah gelombang elektromagnetik yang menghasilkan sinyal – sinyal listrik. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar beruikut ini :

jenis mic dynamic

3. Piezoelectric Microphone
Mari kita lanjutkan pembahasan jenis jenis mikrofon dan fungsinya selanjutnya yaitu mikrofon piezoelektrik.

Mikrofon jenis ini tersusun dari sebuah kristal aktif yang dapat menghasilkan tegangan ketika mendapatkan respon getaran dari luar.
Prinsip kerjanya adalah ketika gelombang suara datang menabrak membran, kristal – ristal piezoelektrik akan berubah bentuk.

Hal ini akan mengakibatkan perpindahan muatan di dalam susunan kristal yang akan mengeluarkan beda potensial listrik.

Karakter yang cukup unik dari jenis microphone ini yaitu kristal – kirstal piezoelektik dapat menerima getaran secara langsung tanpa menjadikannya sebuah diafragma untuk bergetar.

Dengan demikian respon frekuensi yang dihasilkan lebih baik hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

4. Carbon Microphone (Mikrofon Karbon)
Sesuai dengan namanya, mikrofon ini tersusun atas karbon (carbon) yang berbentuk granule atau butiran- butiran halus.

Karbon tersebut terletak pada dua buah plat dimana satu plat berfungsi sebagai elektroda statis dan yang lain berfungsi sebagai diafragma.

jenis jenis mikrofon

Prinsip kerja jenis mikrofon karbon yaitu perubahan resistansi.

Ketika membran diafragma ditabrak oleh gelombang suara, terjadi perubahan susunan karbon yang kemudian akan berakibat pada perubahan resistansi.

Hal ini kemudian akan berpengaruh pada perubahan output sinyal listrik yang dihasilkan.Nah, itulah beberapa jenis mikrofon dan cara kerjanya yang umum kita jumpai dipasaran.

Sebenrnya masih cukup banyak lagi seperti Liquid Microphone, Fiber Optic Microphone, Ribbon Microphone dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar: