Translate

Kamis, 07 Februari 2019

*CARA MENGHITUNG LAMA WAKTU PENGISIAN BATERAI




 kinerja sebuah handphone atau laptop sangat dipengaruhi oleh daya tahan baterainya. Oleh karena itu banyak orang berusaha untuk menjaga baterai yang dimilikinya agar tidak cepat rusak, salah satunya adalah dengan memperhatikan lama waktu pengisian baterai.
Ketika membeli smartphone atau laptop baru tentu anda akan merasa kebingungan mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai. Terlebih lagi untuk smartphone yang memang dikenal mengkonsumsi banyak daya sehingga lama pengisian baterai harus diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga daya tahan baterai karena baterai yang di charge terlalu singkat atau terlalu lama dapat memberikan efek kerusakan baterai. Kalau terlalu singkat dapat membuat cell-cell baterai tidak terisi sepenuhnya, akibatnya lama-kalamaan kapasitas baterai berkurang sedangkan kalau terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan dan kehamilan pada baterai.

Untuk mengetahui apakah baterai yang anda charge sudah terisi penuh atau belum sebenarnya bisa anda lakukan menggunakan multi meter. Bila angka tegangannya sudah mencapai angka maksimum berarti baterainya sudah penuh, untuk baterai hp 5V dan Laptop 19V tapi kadang berbeda sesuai pabrikan. Namun terkadang tidak semua orang memiliki multi meter, untuk itu anda bisa menggunakan cara menghitung lama waktu pengisian baterai berikut ini.
Perlu Diketahui:
1. Ah = Ampere hour(Amper/jam)
2. mAh = mili Ampere hour
3. 1 Ah = 1000 mAh

-Rumus Lama Waktu Pengisian Baterai:
Kapasitas Baterai (Amper hour)=Kapasitas Charger (Ah) x Waktu Pengisian (h)
.
sehingga:
Lama waktu pengisian (h) = kapasitas baterai (Ah) / kapasitas charger (Ah)

-contoh soal:
1. Saya mempunyai smartphone dengan baterai 2460 mAh, pada charger tertera output 0.85 A. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai?

Jawab :
2460 mAh = 2.46 Ah
Lama waktu pengisian baterai = 2.46 Ah / 0.85 A = 2.89 h
 2.89 h x 60 menit= 173.4 menit / 2 jam lebih 53.4 menit.

2. Sebuah handphone memiliki baterai berkapasitas 1800 mAh. Pada charger tertulis output sebesar 900 mA. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai tersebut?

Jawab:
Lama waktu pengisian baterai = 1800 mAh / 900 mA = 2 h


*CARA MENGHITUNG LAMA WAKTU PEMAKAIAN BATERAI
Waktu pemakaian tergantung pada jumlah watt beban dan kapasitas baterai/accu.
perhatikan rumus perhitungan berikut:
perlu di ketahui,
-W(whatt)=V(volt)xA(amper)
-Lama waktu pemakaian batrai per jam atau hour(h)=daya batrai(Wh):daya beban(Wh)
-Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut;
Kita mempunyai baterai/aki 12v 5Ampere,
Jadi 5 Ampere X 12v = 60 watt/jam, sedangkan pemakaiannya menggunakan lampu hemat energi 20 watt, jadi anda dapat memakainya dengan perhitungan sebagai berikut:
60watt : 20watt(lampu) = 3 jam.

demikian cara menghitung lama waktu pengisian & pengguna'an baterai,semoga bermanfa'at untuk anda.

Tidak ada komentar: