Translate

Selasa, 12 Februari 2019

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ASAM & GARAM


  Zat yang mengandung ASAM & GARAM dapat menghasilkan energi listrik apabila di beri logam yang berbeda (contoh:tembaga&seng).
 Hasil teknologi ini merupakan pengembangan hasil penelitian dari Alexander Volta. Dari penelitian volta disebutkan bahwa jika suatu deretan zat dimasukan ke larutan asam atau garam maka akan melepaskan muatan-muatan listrik.

*PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN LARUTAN GARAM
Untuk dapat menghasilkan energi listrik dari larutan garam,pertama masukkan dua logam tembaga(cu) & seng(zn) kedalam larutan garam.tembaga(cu) sebagai kutub elektroda bermuatan positif(+) & seng(zn) sebagai kutub elektroda bermuatan negatif(-).
Berikut cara kerjanya: dua kutub elektrode, yaitu positif dan negatif. Di dalam air, natrium klorida akan terionisasi menjadi natrium (positif) dan klorida (negatif). Kutup positif elektrode akan menarik ion negatif klorida, sementara kutub negatif menarik ion positif natrium.

Perbedaan muatan dari aliran ion-ion inilah yang menciptakan arus listrik. Hasil akhir dari proses ini adalah air yang semula asin menjadi kurang asin. Saat elektrode ini telah jenuh dengan natrium dan klorida, ia tidak bisa menarik ion natrium dan klorida lagi. Agar bisa berfungsi kembali, elektrode ini cukup dicelupkan ke dalam air murni, maka garam dari elektrode ini akan terlepas kembali ke dalam air. Setelah itu elektrode tersebut bisa kembali dicelupkan ke dalam air garam yang baru untuk menghasilkan listrik lagi.
berikut cara kerja pembangkit listrik energi larutan garam.

*PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN ZAT YANG MENGANDUNG ASAM/LARUTAN ASAM
 Agar bisa menghasilkan energi listrik dari zat yang mengandung asam Anda perlu dua logam;tembaga & seng.tembaga sebagai elektrode bermuatan positif(+) & seng sebagai elektrode bermuatan negatif(-).
masukkan kedua logam tersebut(tembaga&seng) kedalam larutan asam atau zat yang mengandung asam.
larutan atau zat yang mengandung asam ada banyak bentuk nya.anda bisa mendapatkannya pada buah-buahan seperti lemon,kedondong,asam,jeruk,mangga,&ll.anda juga bisa mendapatkannya pada pohon,oleh karena itu jika Anda menancapkan kedua elektrode(tembaga & seng) pada pohon maka akan terjadi aliran listrik pada kedua elektrode tersebut apabila saling di hubungkan antara kedua elektrode tersebut.
-Prinsip kerja:
Pada anode terjadi reaksi oksidasi dan pada katode terjadi reaksi reduksi. Arus elektron
mengalir dari katode ke anode. Arus listrik mengalir dari katode ke anode. Adanya
jembatan asam untuk menyetimbangkan ion-ion dalam larutan.Terjadi perubahan
energi: energi kimia menjadi energi listrik.
 Demikian adalah dasar-dasar pengetahuan untuk membangkitkan energi listrik dari GARAM & ASAM yang ramah lingkungan,semoga Berman fa'at untuk Anda semua.


Tidak ada komentar: